Makanan Penambah Darah untuk Anemia

Setiap makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Kandungan gizi semacam inilah yang nantinya akan menentukan kondisi tubuh kita. Apabila tubuh mendapatkan asupan zat besi dibawah normal, maka akan sangat mudah sekali terserang yang namanya anemia alias kekurangan sel darah merah. Kenapa demikian? sebab zat besi menjadi cikal bakal pembentukan sel darah merah dalam tubuh kita.

makanan penambah darah untuk anemia

makanan penambah darah untuk anemia

Gejala anemia sendiri cukup beragam. Mulai dari munculnya sakit kepala, lemas, letih, dan kadang mata berkunang-kunang. Memang sangat jarang sekali penderita anemia mengalami masalah yang serius, paling-paling cuman pingsan, tapi jangan sepelekan, sebab anemia bisa menjadi boomeran yang membuat penderita mengalami masalah lebih serius. Berikut ada beberapa makanan penambah darah kaya zat besi yang bisa Anda coba konsumsi.

Makanan untuk Menambah Darah Sumber Zat Besi Terbaik

  1. Kacang kedelai

Kedelai sebenarnya masuk kedalam jenis polong-polongan, namun entah kenapa ia sering sekali disapa dengan sebutan kacang. Berbeda dengan kacang pada umumnya, kedelai diperkaya dengan kandungan zat besi dan asam folat tinggi yang baik untuk menambah sel darah merah.

  1. Madu

Madu merupakan cairan berkhasiat yang memiliki nutrisi cukup tinggi. Berasal dari lebah madu, cairan ini menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah mampu mengatasi penyakit anemia. Oleh sebab itu, madu masih termasuk kedalam makanan penambah darah.

  1. Sayuran hijau

Bayam, brokoli, kol, dan sayuran hijau lainnya memiliki kandungan zat besi tinggi. terutama bayam, sayuran ini dipercaya dapat mengatasi penyakit anemia. Maka dari itu, saya sengaja memasukan sayuran hijau kedalam daftar makanan tambah darah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *